BMKG Serukan Gempa Hari Ini di Pacitan dirasakan Jogja

BMKG Serukan Gempa Hari Ini di Pacitan dirasakan Jogja, BMKG berkata gempa hari ini yang mengguncang Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, pula dialami warga di Yogyakarta, Provinsi Jawa Tengah.


Gempa hari ini terjalin pada Rabu 13 Oktober 2021 dekat jam 12. 00 Wib. Belum dikenal apakah terdapat korban jiwa ataupun kehancuran akibat gempa tersebut.

Berikut data gempa yang mengguncang sebagian daerah di Jawa Timur. Bersumber pada data gempa hari ini dari BMKG, kalau gempa tersebut berpusat di laut selatan Pacitan.

Dikenal gempa berkekuatan 4, 8 skala richter. Gempa tersebut berasal dari kedalaman 55 kilometer di dasar permukaan laut.

Walaupun gempa lumayan kokoh di sebagian daerah di Jawa Timur, BMKG mengatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Bersumber pada informasi BMKG, gempa dialami di sebagian daerah di Jawa Timur. Semacam Pacitan, Trenggalek, Wonogiri, Gunungkidul, Bantul, serta Yogyakarta.

Di Pacitan, Trenggalek, serta Wonogiri, gempa dialami dalam skala MMI III. Ini berarti getaran terasa apalagi di dalam ruangan. Terdapat getaran semacam truk melalui.

Baca Juga: Pas di Hari Ulang Tahunnya, Eva Celia Kesimpulannya Dilamar oleh Si Kekasih

Tidak hanya itu, di Wonogiri, Gunungkidul, Bantul, serta Yogyakarta, gempa dialami dalam skala MMI II. Maksudnya getaran tersebut dialami oleh sebagian orang. Tidak hanya itu, barang ringan yang menggantung menggantung.

Gempa yang pula mengguncang Yogyakarta itu lumayan membuat masyarakat sedikit panik. Seseorang masyarakat Kulon Progo, Yogyakarta, Udi Farjanto, menggambarkan kisahnya.

Bagi laporan detikcom, getaran gempa hari ini terdengar semacam retakan di atap rumahnya.

“ Getarannya begitu kokoh, begitu kokoh sampai terdengar semacam retakan di atap rumah aku,” kata masyarakat Desa Bendungan, Kapanewon Wates, Kulon Progo, Udi Farjanto( 40).

Ia berkata gempa berlangsung lumayan pendek, cuma 5 sampai 7 detik. Dikala getaran terasa, ia langsung bernazar keluar rumah.

Sedangkan itu, Aris Widiatmoko berkata perihal yang sama. Aris merupakan Koordinator Unit Penyelamatan Spesial Daerah V Kulon Progo.

“ Ya lumayan keras sih, kebetulan cocok peristiwa aku ngurusin pos, tetapi goyangnya hanya sebentar,” kata Aris.

Aris berkata, bersumber pada data yang diperolehnya dari BMKG, sumber gempa berasal dari perairan Pacitan, Jawa Timur. Aris pula mengatakan, ombak di tepi laut nampak biasa saja.

" Data yang aku peroleh tadi sumber gempa dari laut Pacitan. Sebaliknya buat pantauan staf kami di lapangan, sedangkan ombak tepi laut masih relatif wajar," katanya. 

Demikianlah artikel tentang  BMKG Serukan Gempa Hari Ini di Pacitan dirasakan Jogja, semoga membantu anda mendapatkan informasi.

Sumber:

  • news.detik.com
  • menit.co.id

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama